Phillowjunkies's Blog

It's all about everything that PhillowJunkies had heard, read, see, or even through it all ^_^

  • PhillowDate

    October 2009
    M T W T F S S
        Feb »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • PhillowThings

Puding Tahwa

Posted by phillowjunkies on October 17, 2009

****tahwa di surabaya adalah ampas tahu, yang dimakan dengan wedang jahe. Katanya enak dimakan saat udara dingin, musim hujan misalnya. Saya belum pernah makan tahwa.. secara tahwa tampak tidak higienis. (Maaf buat para pencinta tahwa, tapi ya saya memang rewel untuk urusan yang begitu :D)****

Puding tahwa ini, sama sekali gak ada hubungannya ma tahwa, yang dijual keliling pake sepeda itu. Yang bikin namanya mirip, ya karena, penampakannya yang sama (tapi di puding tahwa, wedang jahe diganti cocktail buah). Jadi ide minuman hangat milik tahwa, tergantikan dengan minuman menyegarkan milik puding tahwa. Buat yang gak pernah liat tahwa, atopun puding tahwa, silahkan membayangkan puding jellynya Quickly. Cuma kalo tahwa rada kecoklatan, kalo puding tahwa ini putih bersih.

Puding ini mirip puding almond, bedanya cuma puding almond pakai vla.. kalo ini pake cocktail buah. Cocok disajikan di berbagai kesempatan.. arisan, kawinan, pengajian… apa ajalah yang penting acara kumpul-kumpul. Cara membuatnya sangat mudah.. yang bikin gregetan nunggu dinginnya… *gak sabar pengen cepet bisa dimakan :D*.  Yang pasti pas banget untuk udara yang sekarang panasnya ampun-ampunan….

so, this is how to make it:

=bahan=

  1. 2 liter susu ultra plain
  2. 1 kaleng susu kental manis
  3. 1.5 liter air
  4. 1 bungkus agar-agar swalow putih
  5. gula sesuai selera
  6. essence vanila
  7. cocktail buah

=cara membuat=

  1. Masukkan semua bahan kedalam panci (kecuali essence), aduk sampai mendidih.
  2. Tambahkan essence vanilla sesuai selera, aduk
  3. Masukkan kedalam gelas, lalu masukkan kulkas selama 12 jam
  4. Puding siap dihidangkan, sebelum dihidangkan tambah 1 sendok sayur cocktail buah

Gak susah kan??? SELAMAT MENCOBA!!

4 Responses to “Puding Tahwa”

  1. adhit said

    Gak susah kan??? SELAMAT MENCOBA!!

    tetep susah kok.. ,bikinin😀

  2. gampang kok.. yuuk dibikinin!
    siapin aja bahannya…😀

  3. adynd said

    hem………. tahwa kan bukan ampas tahu tapi buanga tahu atau sari kedeledai juga cuman bahan fermentasinya yg beda ma tahu jd lebih lembut teksturnya….
    kalo ampas tahu kan untuk pakan ternak…
    ini ada resep wedang tahwa yg uenaak…
    Bahan :
    500 gr Kedelai
    3 lt air
    5 gr GDL (Glucono Delta Lactone)
    8 sdm air matang

    Cara membuat:

    Rendam kedelai selama ± 8 jam, lalu cuci bersih dan tiriskan. Blender kacang kedelai dan air sampai halus, lalu saring dengan kain.

    Masak sari kedelai sampai mendidih. Larutkan GDL dengan ± 8 sdm air matang dalam panci stainless, lalu tuang sari kedelai panas-panas ke dalam larutan GDL. Tutup pancinya (tutup dilapisi dengan kain supaya uap tidak menetes). Biarkan selama ± 10 menit. Tahwa siap dihidangkan dengan kuah jahe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: