Phillowjunkies's Blog

It's all about everything that PhillowJunkies had heard, read, see, or even through it all ^_^

  • PhillowDate

    February 2010
    M T W T F S S
    « Oct   Mar »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
  • PhillowThings

Resep Sambel A la Rumahan

Posted by phillowjunkies on February 27, 2010

Makan gak pake sambal berasa kurang deh, dan ternyata ada banyak macam jenis sambal yang bisa dibuat dengan cepat dan mudah.
Ini nih sambel-sambel a la rumahan yang gampang banget dibuat:
Eniwei, resep sengaja gak menentukan komposisi jumlah lombok yang akan digunakan, coz selera pedas orang kan beda-beda. Yuuuk, kita masak pakai feeling aja!

1. Sambel Bawang
Lombok besar, lombok kecil, bawang putih digoreng. Lalu uleg jadi satu, plus tambahin garam. Jangan lupa sentuhan terakhir tambahin jelantah bekas goreng lombok-lombok tadi.

2. Sambel Tomat
Tomat, lombok besar, lombok kecil, terasi di goreng. Trus di uleg plus tambahin garam dan gula merah sedikit.
Biar enak tambahin telur rebus trus di penyet dijamin deh uenak banget.

3. Sambel Brambang Asem
Lombok besar, lombok kecil, bawang merah 1 siung di goreng. Trus di uleg plus tambahin garam dan asem mateng. Beri sentuhan akhir tambahin jelantah bekas goreng tadi.

4. Sambel Bajak
Lombok besar, lombok kecil, bawang merah tomat di rebus. Trus di goreng dan tambahin garam, baru deh di uleg.

5. Sambel Kecap
Lombok rawit di iris halus, bawang merah di iris tipis, tomat di iris kecil-kecil trus tambahin kecap. Paling enak untuk dimakan sama sayur sop.

6. Sambel Tempe
Lombok besar, lombok kecil, bawang putih di goreng. Trus di uleg dan tambahingaram. Tambahin juga jelantah bekas goreng tadi. Masukkan tempe yang udah digoreng secukupnya, terus di uleg deh. Lebih enak lagi tambahin potongan kecil-kecil kacang panjang. Kalo lagi males masak, makan sambel tempe dengan telur mata ceplok udah enak lho.

7. Sambel Tahu
Tomat, lombok besar, lombok kecil, bawang 1 siung, terasi di goreng. Trus di uleg dan tambahin garam dan juga gula merah secukupnya. Penyet tahu goreng di sambel tadi.

8. Sambel Tumpang
Tempe yang sudah di kukus, lombok besar, lombok kecil, bawang putih, kencur, jeruk purut di uleg dan di tambahin garam dan juga gula merah sedikit. Setelah itu di gongso dengan ditambahin santan kental.

9. Sambel Pecel
Lombok besar, lombok kecil, bawang putih, kencur di goreng. Trus di uleg sekalian sama kacang tanah yang sudah di goreng. Tambahin garam, gula merah, jeruk purut dan asem matang. Lalu tinggal dicampur deh, sayur-sayur pilihan yang sudah direbus.

10. Sambel Teri Kacang Panjang
Tomat, lombok kecil, bawang merah, terasi di goreng. Trus di uleg dan tambahin garam dan gula merah sedikit. Kemudian masukkan teri yang sudah di goreng dan kacang panjang yang di potong kecil-kecil.

11. Sambel Keluwak
Lombok besar, lombok kecil, bawang putih di goreng. Trus di uleg dan diberi jalantah bekas goreng tadi. Tambahin keluwak 2 butir dan garam, uleg sampai halus.

12. Sambel Jeruk Limau
Lombok besar, lombok kecil, bawang merah 1 siung, terasi di goreng, lalu di uleg dengan tambahan garam dan gula merah secukupnya kemudian beri air jeruk nipis atau limau secukupnya.

13. Sambel Pencit (Mangga Muda)
Lombok besar, lombok kecil, terasi, gula merah sedikit kemudian di uleg. Tambahkan cacahan pencit (mangga muda). Enak banget untuk dimakan pakai ikan bakar.

14. Sambel Korek
Lombok besar, lombok kecil, terasi, garam di uleg (tanpa di goreng). Paling pas kalo males ribet.

15. Sambel Mentahan (Cuka)
Lombok kecil di iris halus, tomat di potong kecil-kecil (dadu), tambahin cuka sedikit, di aduk. Cocok di makan dengan ikan bakar atau sarden.

Yang pasti kalo kepengen berasa pedas pedes, komposisi lombok kecilnya lebih banyak dari lombok besar. Untuk bawang putih atau bawang merah cukup 1 siung (secukupnya) begitu juga kalo mau pake asem.

Selamat mencoba sambal resep rumahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: