Phillowjunkies's Blog

It's all about everything that PhillowJunkies had heard, read, see, or even through it all ^_^

  • PhillowDate

    July 2010
    M T W T F S S
    « Jun   Aug »
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  
  • PhillowThings

Cemburu

Posted by phillowjunkies on July 21, 2010

Benarkah kehadiran perasaan cemburu dalam diri seseorang terhadap pasangan merupakan bukti cinta kepada pasangan?

Rasa cemburu bisa dikatakan sebuah emosi negatif yang timbul karena rasa tidak percaya pada pasangan. Ketidakpercayaan tersebut membuat rasa tidak aman pada diri, lalu muncul rasa cemburu. Terkadang saat cemburu Anda bisa mengendalikannya, tapi kadangkala tidak.

Untuk dapat mengendalikan rasa cemburu, kita harus memahami hal-hal apa saja yang bisa mengakibatkan rasa itu muncul. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Merasa Tidak Aman
    Faktor utama pemicu rasa cemburu adalah rasa takut ditinggalkan atau ketakutan hubungan tidak akan berhasil, sehingga memunculkan rasa tidak aman.
  2. Posesif
    Beberapa wanita memiliki sikap obsesif yang cukup besar. Gerak-gerik pasangan selalu ingin diketahui.
  3. Kurangnya komunikasi
    Kurangnya komunikasi adalah salah satu pemicu rasa cemburu.
  4. Tidak percaya
    Banyak wanita yang tidak pernah percaya dengan pasangannya dan begitu juga sebaliknya. Jika Anda tidak percaya pada pasangan bagaimana mungkin hubungan bisa berjalan lancar.

Islam pun mengatur masalah cemburu ini.

Salah satu sifat lelaki yang sholeh adalah pencemburu. Karena hal itu mengisyaratkan adanya perasaan cinta. Islam memuji lelaki yang memiliki rasa cemburu dan mencela orang yang tidak memilikinya.

Selain menganjurkan rasa cemburu, Islam juga memberikan batas-batasnya. Yang mana bila batas-batas ini dilanggar, rusaklah kebahagian rumah tangga. Suami yang sholeh harus mampu memahami hal ini, agar dapat mewujudkan kehidupan Yang sakinah, mawadhah, dan rahmah. seperti dalam sabda rasulullah saw dari Abu Hurairah :   ” Allah itu pencemburu dan seorang mukmin juga pencemburu, Kecemburuan Allah itu bila ada seorang hamba datang kepada-Nya dengan perbuatan yang diharamkan-Nya. (HR. Bukhari).   Dari Ibnu Mas’ud ra. Berkata, sa’d bin Ubadah berkata, ” Kalau ketahuan ada seorang lelaki bersama istri saya, akan saya potong lehernya dengan pedang sebagai sangsinya.”   Bersabda rasulillah saw. : ” Herankah kalian dengan cemburunya Sa’ad itu ?, ketahuilah bahwa saya lebih cemburu dari padanya. Demi Allah saya cemburu karena kecemburuan Allah terhadap perbuatan keji, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi ” (HR. Bukhari)

Memang haruslah demikian agar seorang mukmin mempunya sifat dan berperangai ilahiyah dan nabawiyah ini. Adapun orang yang tidak mempunyai rasa cemburu, dia tidak dapat menjaga kehormatan Istrinya/ Suaminya. Ia acuh tak acuh Ketika mendapatkan istrinya bersolek dan memakai parfum ketika akan pergi ketempat umum, memamerkan rambutnya, memperlihatkan tubuhnya/ auratnya, dan berbicara dengan dibuat-buat agar menarik perhatian.

Perbuatan seperti itu adalah perbuatan tercela sebagai mana dalam Sabda Rasulillah saw : ” Tiga golongan yang tidak bakal masuk surga : orang yang durhaka terhadap bapak ibunya, Duyuts ( Orang yang tidak mempunyai rasa cemburu), dan perempuan yang menyerupai laki-laki.” ( HR. Nasai dan Hakim).

Well apakah anda seorang pencemburu??

6 Responses to “Cemburu”

  1. melly said

    aku seorang pencemburu hehe

    nice posting phi, udah aku link yah blognya🙂

  2. terus terang saya juga seorang istri yang pencemburu,,,tapi ternyata suami malah lebih-lebih pencemburu ya,,,he he he
    tak sengaja saya membuka blog ini,,,bagus postingannya,,,,
    salam kenal dari Srikandi Hati

  3. srulz said

    ehm, terimakasih articlenya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: