Phillowjunkies's Blog

It's all about everything that PhillowJunkies had heard, read, see, or even through it all ^_^

  • PhillowDate

    July 2012
    M T W T F S S
    « Jun   Aug »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • PhillowThings

Menu Buka Puasa Paling Sehat

Posted by phillowjunkies on July 23, 2012

Gak terasa Ramadhan sudah tiba!! Alhamdulillah masih dipertemukan dengan bulan yang berkah ini. Yang namanya bulan puasa, dua kata yang sangat akrab adalah waktu sahur dan berbuka. Pada kesempatan kali ini, pengen sharing sedikit, tentang menu berbuka puasa yang paling sehat. Tahukah apa itu?
segelas air agak hangat!

Dilanjutkan 15-20 menit kemudian fresh juice atau buah-buahan segar yg “moderat” spt : pepaya, apel kupas, melon, pear, dll tanpa kulit.Baik juga makan bbp biji Kurma
hindari yg agak ekstrim spt : nanas, durian, mangga dan sejenisnya..
30 menit kemudian barulah berbuka dengan nasi.

Mengapa?
Ada 3 alasan utama:

ALASAN 1:
Perut masih kosong dan konsentrasi asam lambung agak tinggi ditandai dengan “aroma” mulut yg brbeda akibat hawa asam lambung yg naik.
Utk itu perlu “diencerkan” dengan segelas air hangat-hangat kuku. Dan baik utk sedikit menguras ginjal dan menambah persediaan air tubuh yg telah hilang selama hampir 14 jam

ALASAN 2:
Tubuh perlu asupan energi seketika (instant) yg biasanya didapat dari Karbohidrat. Oleh karena itu asupan fruktosa (karbohidrat sederhana) dari juice atau buah segar akan langsung mengisi energi kita.
Mengapa bukan gula ?
Karena gula hanya glukosa tanpa nutrisi.

ALASAN 3:
Juice atau buah segar akan 100% manfaatnya bagi tubuh saat diminum atau dimakan dengan perut kosong sama sekali. Karena life enzymenya akan bisa diserap semuanya oleh sistem pencernaan tubuh kita.
Namun tenggang minimal 30 menit utk ke makan besarnya.
Jangan campur juice atau buah segar dengan gula, kopi, susu atau apa pun. Biarkan juice dan buah masuk secara independen.

Pola Buka Puasa ini sudah mrupakan setengah detoksikasi karena lambung betul-betul dlm keadaan kosong dan saluran pencernaan dlm keadaan santai saat mencerna nutrisi dan life enzyme dari juice atau buah segar tersebut.

Sedikit informasi —-> Kelebihan Kurma dibandingkan Gula:
Setelah makan kurma, karbohidrat akan mningkat & bertahan lama utk supply eneRgi krn Pancreas tdk secara otomatis mensekresi Insulin, berbeda bl kita minum manis (Gula), insulin lgs disekresi unt mengcounter kelebihan karbohidrat.
Jadi Kurma sgt baik buat berbuka puasa,,,, asal tdk pd penderita Diabetes.

Semoga bermanfaat…;)
Selamat menunaikan ibadah puasa🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: